Kamis, 13 Juli 2017

KISAH INSFIRASI DALAM KEHIDUPAN

Tags

KISAH INSFIRASI DALAM KEHIDUPAN

Selamat datang dikafepiak_galoo,
Mungkin ini bisa sangat berguna untuk renungan anda mengenail beberapa hal yang mungkin tak terpikirkian oleh anda mau tau apa dan kisah apa yang akan kita bahas ne admin sajikan
Suatu hari salah satu karyawan saya menghadap saya. Dari caranya menghadap saya, sepertinya ada sesuatu yang ingin disampaikannya secara rahasia.

"bos, boleh minta tolong dak?"

"ngapo, mel?" Jawab saya.

"Biso buatke aku slip gaji dak? Tapi gajinya agak dibesak ke"

"Emangnya untuk apo?"


"Saya mau kredit motor bos" Jawabnya lugu.

Saya lalu menyuruhnya mengambil kertas. Dan sejenak kemudian dia kembali kepada saya dengan wajah bertanya tanya.
"Punya duit berapo?" Tanya saya.

"Duo juta bos"

"Nak motor apo?"

"hon** Matic bos"

"Udah tahu itu motor hargonyo berapo?"

"Sekitar 17 juta bos" katanya seraya menunjukkan tabel angsuran kepada saya.

"Oke, ini motor harganya 17 juta. DP 2 juta. Ya kan?" Tanya saya. "Mau ambil angsuran berapo tahun?"

"3 tahun bos. Sesuai dengan gaji saya."

"Berarti yang 800rb yo?"

"Sekarang hitung, 800.000 x 36 bulan berapa?"

"28.800.000 bos"

"Tambah DP 2 juta...?"

"30.800.000 bos"

"Itu total hargo  🛵 motormu kalau dikredit kan? Padahal harga  🛵 motormu tadi 17 juta kan?" Tanya saya.
"Kamu mau beli barang yang harganya 17 juta dengan harga 30 juta?"

"Enggak bos"

"Trus saya tanyo nih. Misal kamu bayar lancar. Trus 3 tahun ke depan motor  🛵 itu jadi milik kamu. Kira kira kalo kamu jual, itu motor paling tinggi bisa laku berapo?"

"Mungkin sekitar 7 - 8 bos"

"Oke, kita anggap 7 juta ya. Padahal harga motormu 17 juta kan? Berarti kamu juga mesti perhitungkan kerugian akibat penyusutan nilai barang itu kan?" Kata saya. 

Karyawan saya tadi terdiam. Dia mulai berpikir keras.

"Dari selisih nilai cash dan kredit tadi, kamu sudah rugi 13 juta, sekarang ditambah lagi 10 juta dari penyusutan barang. Total kerugian sudah 23 juta. Nah, kamu mau bayar 30.800.000 untuk sebuah barang yang nilainya 7 juta saat barang itu sah menjadi milik kamu?"
"Enggak bos...!"

"Masih mau saya buatkan slip gaji fiktif?"

"Enggak bos... Permisi bos..." Jawabnya sambil berlalu meninggalkan saya.

Sekitar 3 hari setelah gajian, saya melihat karyawan saya tadi datang dengan mengendarai motor. Dia tidak diantar lagi.

"Motor baru nih" Goda saya.

"Ah, bos ini. Ini second bos." Jawabnya malu malu. Dia lalu bercerita bahwa setelah menghadap saya beberapa waktu lalu, dia berdiskusi dengan orang tuanya. Dan dia memutuskan untuk membeli motor tetangganya yang dijual dengan harga 3,5 juta. Semua dengan uangnya sendiri CASH.
Saya tersenyum saat melihat keceriaannya. Dan saya kian bangga padanya.
Dari sepenggal cerita tersebut yang harus kita ketahui yaitu kehidupan ini jangan lah di sia-siakan dengan gengsi karena saat meliat orang disekitar kita memiliki sesuatu kita ikut-ikutan.hal ini lah yang membuat kita hancur karena memiliki hutang padahal penghasilan kita tak cukup untuk memenuhin kebutuhan yang berlebihan .tetapi kalau kita memiliki harta yang berlebih hendaklah kita berpikir panjang atas apa yang kita butukan untuk jangka panjang.

Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon