Senin, 10 Juli 2017

Tutorial Cara Membuat Mug Bermotif Gambar Sesuai Selerah Terlengkap

Tags

 
Tutorial Cara Membuat Mug Bermotif Gambar Sesuai Selerah Terlengkap
Kali ini admin akan memberikan tips peluang usaha bagi anda dirumah dengan mudah yaitu tutorial cara membuat mug bermotif gambar sesuai selerah terlengkap,
Banyak cara yang dilakukan orang untuk membuat sesuatu yang bernilai tinggi dan juga bisa di aplikasikan sebagai peluang usaha yaitu seperti yang admin bahas kali ini hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat mug sebenarnya banyak cara tak perlu yang mahal,karena dengan kemajuan teknologi banyak sudah tips ,tutorial,cara ,yang bermunculan karena hal ini para bloger setia membantu anda tanpa harus mencari ide,karena dengan cukup brosing di internet hal apa aja yang kalian mau sudah di sajikan oleh sahabat-sahabat kita bloger......mau tahu apa itu bloger?????

Bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut untuk anda yang suka mug bermotif sesuai selerah,kali ini admin kasih hal yangpertama yaitu membuat mug tanpa menggunakan mesian pres mug

Tips cara membuat mug sesuai selera dengan mudah hanya menggunakan printer inkjet dan kertas transfer paper dengan kertas decal khusus Sublime, Art Paper dan Pigment. Kertas transfer paper decal untuk mug ini permukaannya dilapisi lem, sehingga bila ada lapisan varnish diatasnya bisa terangkat atau lepas bila dimasukkan kedalam air. Dan lapisan Varnish itu bisa dipindah atau di transfer ke media apa saja asal permukaannya halus dan tidak meresap.

Dengan menggunakan kertas transfer paper Decal ini maka cetakan dapat kita transfer atau diaplikasikan kepermukaan seperti; mug, gelas, keramik, kayu, peralatan rumah tangga, lilin hias, mainan anak-anak dari plastic, peralatan pancing ikan, mobil, sepeda motor, helm, pigura, sampul buku atau sampul album, sabun, metal (besi, baja, aluminium) dan lainnya, asalkan permukaan dari media yang akan dicetak halus dan tidak meresap pastinya kita dapat dengan mudah untuk mencetaknya.

Untuk membuat Mug sesuai selerah secara umum biasanya menggunakan dua cara, yang pertama dengan menggunakan alat press mug, yaitu dengan cara mencetak gambar pada kertas transferpaper, kemudian di press dengan alat press MUG, pastinya membutuhkan dana yang lumayan besar.
Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan cara yang mudah dan sederhana yang membutuhkan budget yang relatif lebih sedikit. 

Cara Mencetak Gambar Pada Gelas
  • . Pilih motif atau gambar desain kamu.
  • Buka program pengedit foto (photoshop atau corel photo paint) dan buatlah dokumen baru dengan dimensi yang sama seperti kertas decal kamu, biasanya kertas berukuran 8,5 x 11 inci.
  • Setelah itu Scan atau buka salah satu desain mug yang telah kamu pilih tadi di dalam program photoshop kamu.
  • Ubahlah ukuran foto tersebut sehingga sesuai dan pas di gelas yang akan kita sablon.
  • Tambahkan teks, efek atau clip art yang ingin Anda tambahkan pada desain akhir.
  • Selanjutnya kamu cetak desain yang telah selesai kamu rancang ke kertas transfer paper decal kamu.
  • Gunting desain gambar tersebut dari kertas decal 0,5 cm diluar gambar.
  •  Semprot desain gambar tersebut menggunakan clear acrylic sealer. Lakukan langkah ini di area yang berventilasi baik dan tahan penyemprotan kira-kira bisa 12 inci jauhnya dari posisi kertas. Terapkan beberapa lapisan tipis penyemprotan bertahap pada gambar untuk mengamankan tinta ke water decal paper. Hindari penyemprotan tebal sekaligus pada gambar.
  • Tempatkan decal ke dalam mangkuk air untuk sekitar lima detik. Kalau memakai Transfer Paper asli tidak sampai satu menit gambar akan terkelupas licin dari kertasnya. Selanjutnya kamu tempelkan pada permukaan mug. Sesuaikan gambar dengan pas pada posisi mug-nya saat masih basah (sehingga mudah digeser-geser)
  • Ratakan dan hilangkan sisa air dan gelembung yg berada dibawah lapisan coating dengan menggunakan spon lunak atau kain wol. Setelah itu kita bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, bisa juga menggunakan oven roti dng suhu 100derajat-150derajat hingga 10-15menit.

Cara kedua yaitu menggunakan mesin Digital Sablon
Berikut Peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan mug digital sablon :
    Mesin Press Mug.
    Mug putih polos (yang sudah dicoating yah gan,kalau tidak dicoating tintanya tidak biasa menempel).
    Kertas Sublim atau kertas inkjet.
    Printer dengan tinta sublime (rekomendasi saya Epson).
    Selotip yang tahan panas
 
Mesin press ini fungsinya untuk mentransfer tinta sublim. Sehingga bisa menempel pada permukaan mug digital sablon yang sudah di coating. Dan berfungsi untuk menekan kertas agar menempel rapat dipermukaan mug. Alat ini mempunyai pengaturan panas dan timer yang bisa di setting sesuai selerah

Mug putih polos Coating
Contoh mug putih polos, nanti di sesuaikan dengan yang kita buat.
Fungsi cairan coating disini adalah agar tinta sublim bisa melekat pada permukaan atau media mug digital sablon. Jadi bila menggunakan mug tanpa coating , gambar tidak bisa pindah kepermukaan mug. Demikian juga bila coating tidak rata, ada bagian yang tidak tercoating, maka gambarnya juga tidak bisa melekat pada bagian itu.

Kertas Sublim atau kertas inkjet
Kedua jenis kertas ini bisa digunakan untuk memindahkan gambar ke permukaan mug. Tetapi yang paling direkomendasikan menggunakan Kertas Sublim, gambarnya lebih terang karena gambar akan pindah sempurna kepermukaan mug. Bila memakai kertas Inkjet sebagian tinta masih menempel pada kertas. Ini yang membuat cetakan hasil dari kertas Inkjet lebih soft.

Printer Epson plus tinta Sublim.
Saat ini hanya printer Epson yang bisa di infus dengan tinta sublimMengapa harus menggunkan Tinta Sublim? Karena tinta sublim ini terbuat dari polymer yang bisa mencair bila terkena panas.
 
Isolasi kertas berfungsi untuk menahan posisi kertas supaya tidak berubah, dan isolasi ini tahan panas.

Tutorial Cara membuatnya:

Buat Ukuran Mug di Photoshop 18×8 cm.
Untuk Cara mendesain saya tidak akan menjelaskan disini karena fokusnya di cara pembuatannya saja, untuk tutorial desain Anda bias searching di google atau Anda bias pesan template Desain Mug yang sudah jadi.Desain Template Mug ini sangat membantu Anda untuk menghasilkan Desainnya,terutama untuk pemula yang baru memulai usaha digital sablon.
 Sekarang Kita bisa mulai bisa mulai mencetak mug digital sablon. Perhatikan permukaan kertas jangan sampai terbalik (Kertas yang permukaan halus yang di print ).
Kertas Sublim: Pilih permukaan yang lebih putih.
Kertas Inkjet : Pilih permukaan yang lebih putih juga. Setelah kertas diprint, gunting atau potong sesuaikan dengan ukuran mug.

Posisi gambar menghadap pada mug.
Atur posisi yang tepat, rekatkan dengan isolasi kertas agar tidak berubah Masukkan ketempat mug ke mesin press mugnya, atur posisi yang benar, tarik tuasnya biar kencang.

Posisi press mug
Cara mengepress mug
Tekan tombol On/Off untuk mulai menghidupkan,atur atau setting.
Kesalahan yang timbul waktu mencoba : Blog hitam tidak bisa penuh. Penyebabnya: kertas sublim mungkin terbalik. Solusi: Cetak pada permukaan yang lebih putih.
Bagian bawah mug gambar tidak bisa pindah semua.Penyebabnya: Mug bagian bawah menciut/mengecil. Solusi : Beli mug yang diameter atas dan bawah paling tidak hampir sama. Atau bisa mengurangi lebar gambar.
Hasil transfer tidak bisa terang, gambar masih tersisa di kertas: Penyebab: pengaturan suhunya kurang tinggi. Solusi : setting pada suhu yang lebih tinggi 280-300C.
Bagian yg dekat dengan pegangan menempel tidak sempurna. Penyebab: gambar kepanjangan, dan terlalu dekat dengan pegangan, ujung pemanas tidak bisa menjangkaunya.Solusi: Pada design gambar, panjangnya dikurangi.
Menghapus/ menghilangkan cetakan yang salah. Pastinya pada waktu kita mendapat order. ada beberapa cetakan yang rusak atau tidak sesuai dengan permintaan konsumen atau anda merasa kurang bagus. Cetakan yang rusak bisa dihapus lagi atau dihilangkan menggunakan Paint Remover (Bisa beli di toko bahan bangunan ). Kita harus extra berhati-hati saat menggunakan karena ini adalah bahan kimia yang berbahaya bagi kulit dan mata. Sebaiknya anda memakai kacamata dan kaos tangan plastic. Karena bila terkena tangan langsung terasa panas dan merah. Caranya: Buka penutup kemasan dengan hati-hati, pakai kuas untuk menutup permukaan mug yang rusak, diamkan sebentar, lapisan akan mengelupas dan cuci dengan air. Bila masih belum bersih, setelah kering setelah dicuci, dilapisi lagi dengan pasta Paint Remover sekali lagi pada tempat yang belum bersih.
SELAMAT MENCOBA

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,


EmoticonEmoticon